Ternyata Sunat Pada Wanita Justru Bagus Untuk Kesehatan

Selama ini khitan pada wanita dipermasalahkan dengan alasan kesehatan. Padahal menurut penelitian, khitan atau sunat untuk wanita bisa mencegah datangnya penyakit kanker serviks.

Dr Muhammad Zaiem dari Rumah Sunatan memaparkan  hal inidalam diskusi media Sunat Dewasa Adalah Kebutuhan Kesehatan di Graha Rumah Sunatan, Bekasi, Kamis (8/10/2015).

"Karena salah satu manfaat dari sunat adalah mengurangi risiko human papillomavirus (HR-HPV) bagi wanita, yang selama ini kurang mendapat perhatian," ujarnya.

Zaiem juga menuturkan bahwa harusnya pemerintah memberi penerangan kepada masyarakat akan manfaatnya khitan pada wanita.

"Saya tidak pernah lihat ada iklannya yang menyebut sunat dapat mengurangi kanker serviks. Selama ini, untuk mengurangi risiko tersebut mengajak para wanita untuk vaksin. Sedangkan dulu hanya papsmear doang," katanya melanjutkan.

Zaiem menjelaskan, sunat (khitan) atau biasa disebut dengan sikurmsisi merupakan tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis.

"Sunat bukan lagi masalah agama. Karena sunat juga bagian dari kesehatan. Jika belum disunat sejak kecil, masih bisa dilakukan sunat dewasa," tukas Zaiem.

Like Tulisan

Berikan jempol terbaik anda untuk like tulisan ini